Tips Menyeleksi Rumah Subsidi Bandung Supaya Tidak Salah Pilih

Tips Menyeleksi Rumah Subsidi Bandung Supaya Tidak Salah Pilih

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi setiap keluarga. Siapapun pasti ingin memiliki rumah tinggal sendiri yang nyaman dan kondusif. Akan tetapi, tidak semua keluarga mempunyai kemampuan yang cukup untuk membeli rumah sendiri dengan tunai. Salah satu cara yang bisa ditempuh ialah membeli rumah dengan sistem cicil atau KPR. Sekarang ini banyak bank yang menyediakan layanan KPR ( Kredit Kepemilikan Rumah). Untuk Anda yang tinggal di daerah Bandung, sekarang ini tersedia rumah subsidi Bandung yang akan membantu Anda mewujudkan untuk memiliki rumah hunian sendiri.

Cara Pintar Sebelum Membeli Rumah Subsidi Bandung

Rumah subsidi Bandung berada di kawasan-kawasan terpilih yang menerima bantuan dari Pemerintah dan diperuntukkan bagi keluarga-keluarga prasejahtera. Harga rumah ini bisa dikatakan lebih murah dibandingkan dengan harga rumah pada umumnya. Jika harga rumah tanpa subsidi sekitar Rp 300 juta, maka rumah subsidi bisa sekitar Rp 200 juta hingga Rp 250 jutaan. Namun, meskipun harganya yang terbilang cukup murah, Anda tidak boleh memilih secara sembarangan apalagi jika rumah tersebut akan dicicil dan digunakan untuk seterusnya.

Ada berbagai pertimbangan yang harus Anda pikirkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah rumah subsidi Bandung, yaitu:

  1. Perhatikan Reputasi Pengembang

Pengembang adalah pihak pemborong yang melakukan pekerjaan pembangunan kawasan rumah subsidi Bandung. Pengembang ini adalah pihak yang bertanggung jawab terhadap kualitas penyelesaian bangunan rumah. Mulai dari pemilihan bahan bangunan, proses pengerjaan hingga proses penyelesaian sampai rumah subsidi siap dihuni. Semua ini tidak bisa dilepaskan dari hasil kinerja pengembang.

Sebelum memutuskan untuk memilih rumah subsidi, hendaknya Anda mengetahui reputasi pengembang. Bagaimana sajakah track record hasil pekerjaannya? Apakah rumah-rumah yang pernah dibangunnya memiliki kualitas yang baik dan bisa bertahan lama? Jangan sampai memilih rumah subsidi tanpa mengetaui pengembangnya terlebih dahulu. Siapa tahu Anda berhadapan dengan pengembang nakal yang hanya ingin mengambil keuntungan semata.

  1. Pilih Lokasi yang Tepat

Kawasan rumah yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah memang tidak selalu berlokasi strategis. Beberapa diantaranya bahkan terletak di pelosok desa yang masih cukup sepi. Hal ini harus juga Anda perhatikan. Dari sekian banyak pilihan rumah subsidi Bandung yang tersedia, berikut ini adalah beberapa aspek yang bisa Anda jadikan pertimbangan memilih lokasi rumah yaitu :

  • Akses Jalan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mengenai kondisi jalan menuju ke rumah subsidi tersebut. Apakah akses jalannya sudah cukup kondusif seperti setidaknya sudah diaspal atau paving, penerangan jalannya cukup baik untuk dilewati pada malam hari dan lain sebagainya.

Akses jalan adalah hal yang paling utama karena menentukan kemudahan untuk mencapai tempat lain yang dituju dari rumah. Sangat tidak nyaman bukan jika perjalanan dari kantor ke rumah menjadi cukup panjang, memakan waktu dan tenaga serta melelahkan karena harus melewati jalan bebatuan yang belum diaspal. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa rumah subsidi Bandung tersebut benar-benar memiliki akses jalan yang memadai.

  • Fasilitas Umum Terdekat

Temukan juga fasilitas-fasilitas umum yang ada di sekitar rumah subsidi Bandung. Cek terlebih dahulu berapa jauh jalan yang harus ditempuh untuk mencapai tempat seperti rumah sakit, pasar, apotek terdekat, kantor polisi dan lain sebagainya. Fasilitas-fasilitas ini cukup penting untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu di kemudian hari.

  • Faktor Keamanan

Rumah yang paling nyaman adalah rumah yang aman baik dari gangguan polusi lingkungan seperti asap, suara ataupun bau dan juga tentunya rumah yang aman dari gangguan manusia seperti maling, begal dan lain sebagainya. Carilah informasi selengkapnya apakah wilayah yang Anda sukai merupakan wilayah yang aman atukah justru red area karena banyak pencuri atau begal berkeliaran.

Pastikan rumah subsidi tersebut cukup aman untuk dikunjungi di malam hari baik oleh kerabat dekat, teman atau pun keluarga. Jangan sampai kunjungan mereka ke rumah Anda akan membahayakan karena banyak pencuri dan perampok yang berkeliaran di sekitar jalan menuju rumah.

  1. Perhatikan Bahan Bangunan

Kekuatan dan ketahanan rumah tinggal merupakan hal yang paling utama dalam proses membangun rumah. Semua orang pasti ingin rumahnya awet, tahan lama dan tidak mudah rusak dalam kondisi apapun. Akan tetapi, kekuatan dan ketahanan ini bergantung sepenuhnya dengan kualitas bahan bangunan yang dipergunakan. Semakin baik bahan bangunan, kemungkinan semakin baik pula kualitas rumah yang dihasilkan.

Pemilihan bahan bangunan memang tidak selalu keputusan utama dari pihak pengembang. Anda boleh untuk ikut dalam memilih bahan bangunan yang dipakai.

Namun, biasanya hal ini memiliki konsekuensi tersendiri jika Anda ingin menggunakan bahan yang Anda inginkan. Harga rumah akan bertambah seiring dengan nilai pertambahan bahan bangunan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa rumah subsidi harganya terbilang cukup murah sehingga biaya pembuatannya pun disesuaikan dengan harga rumahnya. Bahan-bahan yang digunakan menyesuaikan dengan kebutuhan dan umumnya dicari yang harganya murah namun kualitas masih cukup baik.

  1. Teliti Fasilitas Penting

Fasilitas penting yang dimaksud di sini adalah fasilitas yang berhubungan dengan keperluan rumah tangga seperti air, listrik, pembuangan sampah, sirkulasi udara dan selokan pembuangan air limbah rumah tangga. Semua fasilitas ini harus Anda teliti dengan seksama supaya tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

  1. Cek Harga

Harga rumah subsidi Bandung cukup bervariasi tergantung dari lokasi rumah, model atau tipe rumah, luas tanah dan luas bangunan, dan lain sebagainya. Akan ada banyak penawaran rumah murah yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa menghubungi beberapa agen perumahan untuk mendapatkan informasi lebih dari satu lokasi rumah saja. Carilah referensi sebanyak-banyaknya supaya Anda bisa membandingkan satu sama lain.

Untuk rumah bersubsidi yang ada di kota Bandung, Anda bisa melihat beberapa contohnya di www.rumah.com. Di sini, Anda akan menemukan berbagai jenis rumah yang bisa Anda pilih dengan kriteria tertentu yang bisa difilter. Pilihan filter yang tersedia adalah :

  • Lokasi Properti, Anda bisa memilih beberapa lokasi rumah sesuai keinginan Anda seperti Bandung, Jakarta, Jogja, Semarang dan lain sebagainya.
  • Opsi Beli atau Sewa, Pilihan ini untuk membantu memilih rumah-rumah yang disewakan atau dijual.
  • Jenis Properti, filter ini terbagi menjadi dua yaitu :
  1. Tempat tinggal, terdiri dari rumah, apartemen, kondominium, villa dan tanah
  2. Komersial, terdiri dari ruko, perkantoran, pabrik, gudang, dan ruang usaha.
  • Kisaran Harga, Anda bisa menentukan kisaran harga rumah yang sesuai dengan kemampuan atau daya beli Anda.
  • Filter lain seperti luas bangunan, interior, jenis sertifikat dan lain sebagainya.

Anda bisa menemukan berbagai macam pilihan rumah subsidi Bandung yang sesuai dengan keinginan baik dari segi harga, lokasi dan lain sebagainya. Salah satu contohnya adalah rumah dijual di Bandung yang berlokasi di daerah jalan terusan Cibaduyut Rancamanyar Baleendah Bandung, yang dibanderol dengan harga Rp 80 juta hingga Rp 105 juta. Rumah-rumah di sini merupakan rumah subsidi yang berkualitas baik dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, sehingga cocok sekali untuk Anda yang berminat untuk KPR.

Related posts