Tips Melunasi Pinjaman Uang

Tips Melunasi Pinjaman Uang

Beberapa orang yang sudah terbiasa menggunakan kartu kredit atau pernah mengajukan pinjaman uang pasti merasa tertekan saat harus melunasinya di saat tidak ada uang. Dalam kondisi demikian apapun pasti dilakukan meskipun harus meminjam kembali demi melunasi utang.

Cara seperti itu untuk sementara waktu mungkin akan menolong menghindari bunga, tetapi tidak akan membantu melunasi pokok utang yang sebenarnya. Untuk itulah ada beberapa tips melunasi pinjaman uang baik itu dari bank, teman, kartu kredit atau fintech yang memberikan kemudahan pinjaman.

Menjual Barang Berharga

Cara utama agar bisa terbebas dari pinjaman adalah dengan menjual aset berharga. Bisa berupa barang, logam mulia atau surat berharga.

Cara ini merupakan cara terbaik yang bisa ditempuh untuk melunasi semua utang. Jika perlu, kamu bisa menjual aset yang lebih mudah dijual agar dana pun bisa segera digunakan untuk melunasi pinjaman uang.

Setelah itu, tutup rapat semua pintu yang membuat kamu tergoda untuk mengajukan pinjaman uang kembali. Karena biasanya jika kamu punya riwayat peminjaman uang, data kamu kerap kali disalahgunakan sehingga dijadikan target telemarketing.

Mencari Pinjaman Uang Tanpa Bunga

Jika cara pertama tidak bisa dilakukan karena kamu tidak memiliki barang yang bisa dijual, cara ini bisa dilakukan yaitu mencari pinjaman tanpa bunga.

Bagaimana caranya mendapatkan pinjaman tanpa bunga? Kamu bisa meminjam kepada keluarga, teman terdekat atau tempat bekerja. Umumnya jika kamu sudah menjadi pegawai tetap dan punya masa kerja di atas satu tahun, kantor akan memberikan keleluasaan ketika kamu membutuhkan dana darurat.

Fasilitas tersebut bisa kamu gunakan hanya untuk kebutuhan yang mendesak saja, bukan untuk kebutuhan konsumtif semata. Pinjaman lunak seperti ini biasanya periode cicilannya fleksibel dan dapat dibicarakan secara kekeluargaan.

Fokusnya yang paling utama adalah melunasi pinjaman yang ada dan tidak menambah utang kembali.

Mengajukan pinjaman lewat kantor memang harus bersabar karena ada beberapa persyaratan yang perlu dilalui serta persetujuan beberapa orang petinggi.

Memanfaatkan Pinjaman dengan Bunga Lebih Rendah

Cara ini adalah cara terakhir yang bisa kamu tempuh meskipun sebetulnya tidak terlalu disarankan. Tetapi, demi menghindari bunga yang berkembang, kamu memang perlu segera membuat keputusan termasuk mengajukan pinjaman lain.

Syaratnya, cari perusahaan yang tepercaya dan memberikan bunga rendah dibandingkan dengan pinjaman sebelumnya. Salah satu fintech yang dikenal punya bunga lebih rendah 50 persen dibandingkan dengan perusahaan lainnya adalah Kredivo.

Kredivo sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Jadi, transaksi ataupun mengajukan pinjaman lewat Kredivo terjamin aman.

Kredivo dapat memberikan kredit limit hingga Rp30 juta. Sementara bunganya hanya 2,95 persen per bulan. Berbeda dengan fintech lain yang menerapkan bunga tinggi hingga 1 persen per hari.

Melihat perbedaan tersebut, kamu bisa menggunakan Kredivo untuk melunasi utang yang lebih besar. Dengan catatan yang amat ketat seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Syarat menjadi member Kredivo adalah sebagai berikut ini:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Jika sudah memenuhi syarat, kamu hanya tinggal mengunduh aplikasi Kredivo di App Store maupun di Google Play Store. Kemudian lakukan pendaftaran secara online kurang dari 3 menit saja.

Related posts