Tips Diet Pasca Persalinan tanpa Mengurangi ASI

Tips Diet Pasca Persalinan tanpa Mengurangi ASI

Setelah melahirkan berat badan yang berbeda dengan sebelum masa kehamilan. Hal ini membuat Anda ingin sekali melakukan diet untuk mendapatkan kembali tubuh yang ideal. Langkah yang ditempuh dengan melakukan diet. Hanya saja jika diet tidak hati-hati maka akan mempengaruhi produktivitas ASI. Ini tips parenting untuk diet pasca persalinan tanpa mengurangi ASI.

  1. Otot Perut

Anda bisa melakukan latihan otot perut setelah pasca persalinan secara perlahan dengan posisi yang dapat dipilih yaitu duduk, berdiri, dan berbaring. Latihan ini dilakukan dengan menarik perut ke bagian dalam dan menahannya untuk beberapa waktu.

Langkah ini akan membantu untuk menghancurkan lemak di bagian perut dan dapat dilakukan dengan mudah. Anda dapat melakukan tips parenting ini di pagi atau sore hari secara rutin. Jangan melakukannya setelah makan karena dapat membuat perut menjadi sakit.

  1. Minum Air Putih

Minum air putih sering sekali diabaikan seakan tidak bermanfaat padahal air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air putih akan membantu membersihkan organ tubuh pasca persalinan terutama pada bagian saluran pencernaan dan peredaran darah. Ketika pencernaan bekerja dengan lancar maka akan membantu proses diet yang dilakukan.

Air putih akan membantu menahan rasa lapar yang kerap sekali muncul di waktu-waktu senggang. Penting untuk Anda mengonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi selama masa menyusui.

  1. Makanan Berserat

Pasca persalinan kerap sekali yang membuat risih adalah bagian perut yang membesar. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan melakukan langkah diet yaitu mengonsumsi makanan berserat untuk mengecilkan perut. Makanan berserat juga akan membantu menjaga stamina dan daya tahan tubuh pasca persalinan yang cenderung lemah juga mudah lelah.

Kondisi perut buncit terjadi karena adanya penumpukan lemak dan kalori, serta disebabkan oleh kekurangan vitamin di dalam tubuh. Anda bisa mendapatkan serta dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Kandungan fitonutrien di dalam sayur yang bermanfaat untuk mengurangi lemak dalam perut. Serat yang dikonsumsi juga akan membantu melancarkan pencernaan.

  1. Memakai korset

Jika persalinan yang dilakukan secara normal, Anda bisa melakukan diet dengan memakai korset di bagian perut. Korset akan membantu mengecilkan perut, mengurangi pembengkakan, mendorong otot dan jaringan pada perut agar dapat kembali seperti semula.

Pemakaian korset ini dilakukan selama 3 bulan pasca persalinan. Korset yang digunakan adalah korset khusus yang digunakan pasca persalinan. Keberadaan korset akan membantu Anda untuk dapat beraktivitas tanpa mempengaruhi kondisi perut.

Pasca persalinan Anda harus mengurangi mengonsumsi makanan cepat saji yang banyak mengandung zat kimia. Selain tidak bagus untuk diet, makanan ini juga akan mengganggu produktivitas ASI. Pasca persalinan Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasanya untuk membuat otot-oto bergerak sehingga terjadi pembakaran lemak di dalam tubuh sebagai tips untuk diet.

Related posts