Sering Merasa Sakit Dada Kiri? 5 Hal Ini Penyebab Utamanya

Sering Merasa Sakit Dada Kiri 5 Hal Ini Penyebab Utamanya

Pernah tidak Anda merasa rasa sakit yang datang tiba-tiba pada bagian dada sebelah kiri Anda? Sakit dada kiri ini kadang terasa begitu menyakitkan, namun ada juga yang sakitnya mungkin masih bisa Anda tahan. Selama ini sakit dada kiri memang sering dihubungan dengan sakit jantung, namun ternyata ada hal lain yang menjadi penyebabnya.

  1. Penyakit jantung

Hal yang menjadi penyebab dada sebelah kiri Anda terasa sakit yang paling dikenal adalah penyakit jantung. Penyakit jantung ini pun beragam jenisnya, ada yang berupa jantung koroner, miokarditis, angina dan bentuk lainnya. Otot jantung yang kurang bekerja dengan efektif, menyebabkan ketidaklancaran aliran darah sehingga rasa sakit pun timbul.

Perhatikan juga gejala lain yang sering muncul menyertai sakit dada kiri Anda. Gejala tersebut bisa berupa detak jantung yang beraturan, sesak nafas, hingga kelelahan luar biasa. Jika gejala ini muncul hampir dalam waktu yang bersamaan, bisa jadi kesehatan jantung Anda memang sedang terganggu. Hal inilah yang menyebabkan munculnya sinyal berupa sakit pada dada sebelah kiri.

  1. Serangan panik atau panic attack

Dilansir dari healthline.com, penyebab rasa sakit pada dada sebelah kiri salah satunya adalah serangan panik atau rasa panik yang berlebihan. Rasa gelisah dan tidak nyaman yang berlebihan bisa membuat Anda merasakan sakit pada dada sebelah kiri. Serangan panik dianggap sebagai ketidaksehatan mental, jadi segera konsultasi dengan dokter agar kondisi Anda ini bisa diatasi.

  1. Hernia Hiatus

Keadaan dimana posisi lambung mendesak ke atas menuju area antara perut dan diafragma Anda disebut dengan hernia hiatus. Organ yang merangsek masuk ke teritori lain, menyebabkan timbulnya rasa sakit pada bagian dada. Kondisi ini tidak terlalu berbahaya, namun jika terjadi dalam jangka waktu yang lama dan terasa sangat menganggu, lebih baik diperiksakan.

  1. Masalah pada esofagus

Sakit dada kiri juga bisa dipengaruhi karena adanya masalah pada bagian esofagus atau kerongkongan. Terlukanya esofagus menyebabkan makanan bocor ke bagian rongga dada, hal inilah salah satunya yang menyebabkan rasa sakit dada kiri muncul. Selain rasa sakit pada dada, biasanya Anda juga akan merasa mual, muntah dan bernafas pendek tak beraturan.

  1. Patah tulang rusuk atau tulang dada

Terkadang, Anda tak sadar bahwa aktivitas ataupun olahraga yang Anda lakukan telah menyebakan bagian dinding dada Anda terluka. Bahkan yang lebih parah, Anda tak sadar bahwa tulang rusuk atau tulang dada Anda mengalami keretakan ataupun patah. Rasa sakit pada dada kiri merupakan sinyal dari kondisi ini, jadi jangan buang waktu lama dan segera temui dokter.

Jangan buru-buru memvonis diri Anda terkena penyakit jantung, karena merasa sakit dada kiri. Ada banyak penyebab dari rasa sakit ini dan untuk kepastiannya, dokter menjadi orang pertama yang harus Anda temui. Selain konsultasi lansung, Anda bisa mencari informasi menetralisir rasa sakit, lewat forum tanya jawab dengan dokter yang disediakan oleh Orami.co.id.

Related posts