Serba-serbi Popok yang Harus Diperhatikan

Serba-serbi Popok yang Harus Diperhatikan

Sebelum Anda memilih dan belanja pampers di supermarket, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut. Pasalnya, ada beberapa gejala yang menyebabkan penyakit kulit pada bayi. Jangan hanya membeli popok, tapi Anda juga harus menyiapkan beberapa barang lainnya yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit kulit bayi.

1.      Oleskan Baby Cream

Pada umumnya sebagian dari para orangtua akan memberikan bedak pada bayi sebelum memakaikan popok. Padahal cara sebenarnya ini kurang tepat. Hal ini dapat menyebabkan bahkan memperparah kulit bayi. Bedak yang dioleskan dan tidak terkena angin otomatis akan menggumpal. Apalagi bedak berada pada tempat yang sangat sulit dijangkau atau terletak pada lipatan-lipatan kulit.

Jika dibiarkan lama, maka dapat menyebabkan gumpalan yang tidak bisa hilang dan bisa menempel. Jika hal ini tercampur dengan kotoran bayi, maka akan lebih memperburuk keadaan. Tentu saja hal ini bisa hilang. Namun pasti lebih membutuhkan waktu untuk membersihkannya dengan sempurna. Oleh karena itu hindari penggunaan bedak sebelum memakainya. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan baby cream khusus untuk anak.

2.      Bilas dengan Sabun Khusus Bayi

Apabila bayi atau anak Anda sudah saatnya mengganti popok, usahakan selalu bilas dengan air bersih dan menggunakan sabun. Anda bisa menggunakan sabun khusus bayi agar kulit bayi tetap terjaga kelembutannya. Jangan mengganti popok hanya dengan tisu. Hal ini kurang tepat karena kotoran tidak bisa sepenuhnya menghilang dengan baik.

3.      Bungkus Plastik untuk Popok Kotor

Apabila Anda selesai mengganti popok anak usahakan jangan dibuang begitu saja. Tapi masukkan ke dalam kantong plastik yang berwarna hitam. Oleh karena itu, selalu sediakan kantong plastik yang berwarna hitam kemanapun Anda dan anak pergi. Hal ini digunakan untuk mencegah kuman bertebaran kemana-mana yang disebabkan popok yang kotor tidak tertutup rapat

4.      Ganti Popok Setiap 4 Jam

Jangan pernah membiarkan anak memakai popok seharian penuh tanpa mengganti. Hal ini dapat menyebabkan kulit akan terjadi iritasi bahkan bisa dalam keadaan bahaya lainnya. Belum lagi kalau di dalam popok tersebut ada kotoran. Kulit akan bersentuhan lama dengan kuman-kuman yang ada di kotoran dengan durasi yang lama juga.  Lebih baik Anda mengganti popok setidaknya 4 jam sekali.

5.      Biarkan Kulit Bernafas

Sebelum mengganti popok pada anak atau bayi, usahakan kulit bagian bawah harus dikenai udara terlebih dahulu. Anda bisa mengeringkan dengan cara mengipas-ngipas pada bagian tersebut. Hal ini ditujukan agar kulit bisa melakukan proses sirkulasi udara dengan baik. Penggunaan popok dapat menyebabkan kulit sulit ‘bernapas’ dan bisa menyebabkan gatal-gatal.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda perhatikan. Jadi saat belanja pampers jangan lupa juga untuk membeli barang-barang pelengkap lainnya seperti penjelasan sebelumnya. Anda bisa mendapatkan semua itu dengan belanja di marketplace Orami, karena di sana ada banyak pilihan.

Related posts