Ide untuk Mendesain Dapur Minimalis dengan Perabotan Multifungsi

Ide untuk Mendesain Dapur Minimalis dengan Perabotan Multifungsi

Mendesain dapur minimalis perlu memperhatikan perabotan yang akan digunakan. Pemilihannya harus berdasarkan pada sisi kegunaan dan kepraktisan perabotan tersebut sehingga dapur tidak penuh sesak. Sebagai contoh, pilihlah lemari yang di dalamnya terdapat rak susun sehingga muat banyak barang. Memilih lemari rak terbuka yang tinggi namun ramping juga bisa dijadikan alternatif.

Beberapa Ide untuk Dapur Bergaya Minimalis

  1. Dapur dilengkapi dengan mini bar

Pada desain dapur minimalis modern, penggunaan mini bar sudah banyak. Mini bar ini cocok digunakan untuk mendukung desain dapur minimalis karena meja barnya dapat memiliki banyak fungsi. Fungsi yang pertama yaitu sebagai meja makan karena mini bar ini juga dilengkapi dengan kursi tinggi. Selain itu, dapat digunakan untuk meletakkan toples camilan atau gelas.

Apabila meja bar memiliki lebar yang cukup, maka salah satu sisinya dapat difungsikan sebagai tempat cuci tangan atau cuci piring dan gelas. Karena tampilannya yang modern, mini bar juga dapat dijadikan tempat bersantai bersama keluarga ataupun teman sambil mengunyah camilan favorit. Bagian atas mini bar bisa juga dipasang gantungan untuk perabotan masak.

  1. Perpaduan nuansa putih dan desain kayu

Dapur minimalis yang bernuansa putih, kenapa tidak? Warna putih yang mendominasi dapur akan membuat ruangan terlihat lebih luas sehingga cocok untuk dapur yang sempit. Perpaduan desain kayu untuk bagian lantai, meja, lemari penyimpanan dan sebagian dinding dapat mempercantik tampilan dapur. Perpaduan yang sederhana ini akan menonjolkan desain dapur minimalis Anda.

Perabotan dapur bisa menggunakan meja panjang dengan ukuran sedang  yang diletakkan di tengah. Meja tersebut dapat difungsikan sebagai tempat cuci piring, tempat meletakkan beberapa gelas, tempat kotak berisi makanan, meja makan, dan hiasan bunga. Agar terlihat modern, Anda bisa menggantungkan lampu unik dengan tutup warna putih di atas meja tersebut.

  1. Dapur menyatu dengan ruang makan kecil

Apabila kurang menyukai penggunaan mini bar sebagai meja makan, Anda bisa menggantinya dengan menggabungkan ruang makan dengan dapur. Agar tidak terlihat sesak, sebaiknya gunakan meja persegi yang berukuran sedang untuk tiga hingga empat orang saja. Selain itu, usahakan ruangan dilengkapi dengan jendela kaca panjang sehingga dapur terlihat terbuka dan luas.

  1. Nuansa full putih

Menggunakan warna putih tidak harus dikombinasikan dengan warna atau material lain. Dapur yang menggunakan warna putih baik untuk dinding maupun perabotannya tetap terlihat elegan. Desain ini cocok untuk dapur yang diposisikan di pojok ruangan yang tidak terlalu luas. Lemari dinding berbentuk L dan satu set meja kursi untuk dua orang cocok dijadikan perabotan.

Desain dapur yang minimalis tidak perlu terlalu menonjolkan perpaduan banyak warna, pemasangan banyak hiasan, dan penggunaan perabotan yang berlebihan. Hindari juga warna gelap karena membuat dapur terlihat sesak. Pilih perabotan yang multifungsi sehingga dapur terlihat ringkas. Agar terlihat menarik, gunakan material seperti kayu, marmer, keramik, atau stainless steel untuk pelapis meja.

Related posts