Hindari Hal Ini Saat Memberi Susu Formula untuk Bayi

Hindari Hal Ini Saat Memberi Susu Formula untuk Bayi

Tak banyak orang tua yang merasa kesulitan menemukan informasi mengenai bagaimana cara memberikan susu formula kepada sang buah hati. Hal ini tentunya bisa menyebabkan stres terlebih lagi bagi ibu yang mengalami kesulitan dalam menyusui. Nah berikut merupakan beberapa hal yang perlu dihindari ketika memberikan susu formula pada bayi.

Jangan Menggunakan Air Mineral untuk Membuat Susu Formula

Tak hanya harga susu murah, hal yang perlu Anda hindari ketika hendak memberikan susu formula  kepada si kecil adalah jangan menggunakan air mineral untuk membuat susu formula. Mengapa harus demikian? Sebab air mineral merupakan air karbonasi yang memiliki tingkat mineral yang cukup tinggi. Hal ini tentunya akan membahayakan bagi sang buah hati.

Memanaskan Susu dengan Microwave

Hal selanjutnya yang perlu Anda hindari adalah memanaskan susu formula dengan microwive. Ternyata mocrowive hanya tidak akan memanaskan susu secara merata, melainkan hanya menyebabkan area panas di daerah tertentu saja. Hal ini dapat membakar mulut bayi. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda tidak memasakan susu formula dengan microwive.

 Jangan Ubah Cara Mempersiapkan Susu Formula

Pada umumnya susu murah maupun mahal tentunya akan dilengkapi dengan petunjuk penyajian yang tertera pada kemasan susu formula. Instruksi dan tata cara tersebut harus Anda pahami dan jangan mengubah prosedur tata cara menyiapkan susu formula untuk si kecil. Jadi, pastikan Anda mengikuti prosedur tersebut dengan baik dan benar.

Jangan Menyimpan Susu yang Sudah Siap Terlalu Lama

Botol susu merupakan salah satu kondisi yang ideal bagi pertumbuhan bakteri berbahaya. Bahkan bakteri yang terdapat pada air liur bayi juga dapat berkembangbiak di dalam botol. Oleh sebab itu, apabila sang buah hati tidak menghabiskan susunya, maka Anda harus segera membuangnya dan jangan biarkan hingga kurun waktu 2 jam.

Jangan Memberikan Susu Formula yang Berlebihan

Hal selanjurnya yang perlu Anda perhatikan adalah jangan memberikan susu formula yang berlebihan kepada sang buah hati. Apabila si kecil sudah melepaskan botol susunya, sesegera mungkin ambil botol tersebutdarimulutnya. Pada umumnya, seorang bayi tidak akan menghabiskan satu botol susu penuh dalam satu waktu saja.

Jangan Tidurkan Si Kecil Bersama Botol Susu

Seorang bayi yang dibiarkan tampak pengawasan ketika meminum susu formula dari botol cenderung berisiko tersedak. Bayi yang tertidur berama botol susunya akan menyebabkan susu terus menetes ke mulutnya sehingga menimbulkan gumpalan di sekitar gigi yang berisiko menyebabkan kerukan gigi pada sang buah hati.

Suhu Air Berkisar Antara 70 Derajat Celsius

Ternyata bakteri juga tak hanya dapat ditemukan di air saja. Susu formula dalam kaleng juga bisa saja tidak steril. Wabah bakteri tersebut dapat berkembangbiak di air bahkan pabrik pembuatan susu. Untuk itu, lindungi sang buah hati dengan menggunakan air mendidih kemudian diamkan kembali sebelum diminum.

Nah, di atas merupakan beberapa hal yang perlu dihindari ketika menyajikan susu formula kepada si kecil. Pastikan Anda tidak melakukan hal-hal tersebut agar kesehatan si kecil tetap terjaga. Anda bisa mendapatkan berbagai susu murah berbagai jenis dengan penawaran harga yang menarik hanya di orami.co.id.

Related posts