Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli PC Gaming Rakitan

pc gaming rakitan budget 5 juta

Harga sebuah PC gaming rakitan memang jauh lebih murah dibanding komputer gaming keluaran pabrikan. Hanya saja, agar Anda tak menyesal ketika membelinya, harusnya mempertimbangkan banyak hal lebih dulu. Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli komputer untuk gaming itu adalah sebagai berikut!

  1. Prosesor

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika membeli komputer gaming adalah prosesor yang digunakan pada komputer rakitan tersebut. Prosesor adalah inti dari komputer sehingga harusnya yang andal dan tahan banting. Baiknya, prosesor yang digunakan pada komputer gaming memiliki spesifikasi high end. Contoh yang bisa Anda pilih adalah Intel Core i5.

  1. Memori RAM

Selain prosesor, bagian lain yang harus Anda perhatikan sebelum membeli sebuah komputer untuk gaming adalah RAM-nya. RAM dari komputer gaming juga harus memiliki spesifikasi high end. Sebab, semakin tinggi kapasitas dari RAM tersebut, maka akan semakin bagus dan lancar game yang dimainkan.

Saat ini, sebagian komputer keluaran pabrikan sudah membawa RAM dengan kapasitas yang besar. Namun, kalau Anda mau beli PC gaming rakitan, pastikan RAM yang digunakan adalah minimal 4 GB. Pilih juga yang berjenis DDR3 minimalnya. Kalau mau lebih bagus, bisa ambil yang DDR4. Kurang dari itu, kurang pas untuk komputer gaming.

  1. Harddisk

Harddisk adalah media penyimpanan selama game yang Anda mainkan berjalan. Harddisk harusnya juga memiliki kapasitas yang tinggi terlebih bila game yang Anda mainkan juga memiliki spesifikasi tinggi. Kapasitas harddisk yang memadai untuk sebuah komputer gaming adalah 500 GB.

Namun, kalau Anda mau komputer tersebut bekerja dengan maksimal saat Anda bermain game, Anda bisa pilih yang memiliki harddisk dengan kapasitas 1 TB. Sebaiknya, pilih harddisk dengan jenis SSD karena ini bisa menghasilkan performa yang maksimal pada komputer Anda ketika bermain game.

  1. VGA

Tentu saja, Anda tak boleh melewatkan bagian VGA-nya. Bagian ini salah satu komponen penting dalam komputer gaming karena ialah yang bertanggung jawab atas tampilan yang dihasilkan pada layar komputer Anda. Sehingga, kalau Anda ingin performa komputer tersebut besar, VGA-nya haruslah yang bagus.

Hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih VGA dalam komputer gaming adalah merek dari VGA tersebut, core speed, kapasitas memori VGA, memori clock speed VGA, tipe memori VGA, memori interface VGA, port keluar VGA, jenis direct hingga jenis PCIe dari VGA tersebut.

  1. Power Supply

Tentu saja Anda tak boleh melewatkan bagian yang satu ini. Bila komponen dalam komputer rakitan yang Anda beli sudah bagus, namun power supply-nya kurang bagus, maka sama saja kinerja komputer tersebut tak akan maksimal. Ingat, komputer gaming dengan spesifikasi high end membutuhkan sumber daya yang besar untuk mengaliri komputer.

Bila sumber daya listriknya tak bagus, maka komputer tersebut juga tak akan bisa bekerja dengan baik. Percuma bila Anda membeli komponen komputer yang spesifikasinya sudah sangat bagus, bila bagian ini tak diperhatikan. Pastikan juga bagian ini tahan lama karena bagian inilah kunci dari keberlangsungan komputer yang Anda miliki.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika beli PC gaming rakitan. Komputer rakitan untuk main game ini harganya memang jauh lebih murah ketimbang komputer gaming keluaran pabrikan. Hanya saja, kalau Anda bisa memilih dengan benar, spesifikasi yang Anda dapat tak akan kalah. Anda bisa main game lebih keren dengan ini.

Related posts