6 Perlengkapan Bayi yang Perlu Ada untuk Sambut Si Kecil

Perlengkapan Bayi yang Perlu Ada untuk Sambut Si Kecil

Sebagai orang tua yang sedang menanti kehadiran si kecil, tentunya Anda harus memenuhi berbagai perlengkapan bayi dan si ibu agar semua proses penyambutan kelahiran berjalan baik. Jangan sampai, ada yang kurang sehingga Anda dan pasangan repot sendiri nantinya. Nah, apa saja perlengkapan untuk bayi baru lahir yang sebaiknya Anda persiapkan?

  1. Baby’s Car Seat

Bila Anda tak memiliki mobil, memiliki baby’s car seat tentunya sangat diperlukan. Sebab, benda ini berguna untuk mempermudahkan Anda dalam membawa si kecil dari tempat persalinan kembali ke rumah. Memang, ini tak terlalu populer digunakan di Indonesia. Namun, demi alasan keamanan, tak ada salahnya Anda menyediakannya.

  1. Baby’s Carrier

Baby’s carrier adalah gendongan dengan bentuk seperti kantong kangguru yang modelnya sangat fleksibel dan mudah di bawa ke mana saja. Benda ini sangat dibutuhkan untuk orang tua baru agar mempermudah segala aktivitas Anda ketika menjadi orang tua nantinya.

  1. Baju Bayi dan Segala Aksesoris Pelengkapnya

Baju bayi adalah hal wajib dipersiapkan untuk menyambut kehadiran si kecil. Bayi membutuhkan baju yang banyak karena baju tersebut sangat mudah kotor karena berbagai hal. Paling tidak, Anda harus menyiapkan baju sebanyak tiga lusin. Selain baju, Anda juga wajib mempersiapkan segala aksesoris pakaiannya.

Aksesoris di sini maksudnya adalah seperti kaus kaki, bedong, kaus tangan, topi dan masih banyak lagi. Semua barang ini berguna untuk menghangatkan si kecil. Pilih kebutuhan bayi ini yang dibuat dengan kain yang lembut dan halus. Ketika Anda mencucinya, hendaknya mencuci menggunakan air hangat dan bilas berkali-kali sampai tak ada busa sabun yang tersisa.

  1. Popok

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus Anda persiapkan adalah popok atau diaper. Baiknya, hindari penggunaan popok instan atau popok sekali pakai ketika bayi baru lahir karena diaper model ini bisa menyebabkan ruam dan alergi pada bayi. Tak apalah repot sedikit karena diaper kain, asalkan si kecil sehat, kan?

  1. Botol Bayi

Meskipun Anda berencana akan memberikan ASI pada si kecil, ada baiknya Anda tetap mempersiapkan botol bayi untuk berjaga-jaga kalau ASI Anda tak keluar. Pilihlah botol ayi yang terbuat dari plastik dengan BPA free dan berkualitas. Agar aman, ketika membersihkannya, Anda harus menyiram dengan air panas atau mendidih sebelum dipakai.

  1. Bak Mandi Khusus Bayi

Jangan lupa untuk mempersiapkan bak mandi khusus untuk bayi juga. Pilih yang berukuran lebar dan memiliki sandaran agar si kecil tak mudah terpeleset ketika menggunakannya. Pilih juga yang bahannya berkualitas agar aman untuk si kecil.

Itulah beberapa perlengkapan bayi yang baiknya dipersiapkan orang tua untuk menyambut kelahirannya. Persiapkan semua perlengkapan ini jauh-jauh hari sebelum waktu melahirkan tiba. Tujuannya tentu saja agar Anda tak repot bila bayi Anda lahir sebelum perkiraannya dan Anda juga bisa jadi lebih tenang.

Related posts