6 Penyebab Utama Sakit Radang Tenggorokan

Penyebab Utama Sakit Radang Tenggorokan

Sakit dan nyeri yang Anda rasakan di bagian tenggorokan bisa dipicu karena radang tenggorokan yang Anda derita. Saat tenggorokan Anda meradang, maka kondisinya akan membengkak. radang pada tenggorokan ini juga dapat memicu pembengkakan di area leher. Radang di tenggorokan sendiri bisa disebabkan karena tertular virus atau bakteri, serta kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan.

  1. Berbicara dengan Suara yang Keras

Jika Anda merupakan orang yang kerap kali berteriak atau pun bicara tiada henti, maka Anda sangat berisiko mengalami radang pada tenggorokan. Ketika Anda bicara dalam nada tinggi, maka otot-otot di tenggorokan akan menegang. Jika Anda melakukan kebiasaan ini terus-menerus, otot tenggorokan yang tadinya hanya menegang akan mulai membengkak dan menjadi radang.

  1. Kurang Minum Air Putih

Ahli kesehatan sudah menganjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya. Selain untuk menghindari dehidrasi, kebiasaan baik ini juga akan menghindarkan Anda dari risiko terjadinya radang di tenggorokan. Saat tubuh kekurangan cairan, secara otomatis produksi air liur akan berkurang. Padahal, air liur dibutuhkan untuk menjaga tenggorokan tetap terlumasi.

  1. Bernapas Melalui Mulut

Kebiasaan buruk seperti bernapas melalui mulut, merupakan salah satu penyebab terjadinya radang di tenggorokan. Bernapas lewat mulut akan membuat tenggorokan akan menjadi kering dan berisiko mengalami iritasi dan pembengkakan. Selain sering dilakukan saat sedang ingusan. bernapas lewat mulut ini juga kerap terjadi secara tak sengaja karena posisi tidur yang salah.

  1. Alergi

Alergi atas debu ataupun bulu hewan bisa menyebabkan Anda mengalami radang tenggorokan. Saat debu terhirup, maka akan terjadi iritasi dan peradangan di tenggorokan Anda. Salah satu caranya agar Anda yang alergi bisa terhindar dari risiko radang di tenggorokan ini adalah dengan memakai masker. Gunakan masker saat memasuki ruang berdebu atau berinteraksi dengan hewan tertentu.

  1. Udara yang Kering

Kualitas udara yang kurang bagus, seperti keringnya udara di musim panas, dapat membuat Anda mengalami radang di tenggorokan. Apalagi jika di sekitar Anda banyak yang merokok, membuat peradangan jadi makin parah. Saat situasi udara sedang buruk seperti ini, Anda bisa memilih untuk melengkapi rumah Anda dengan air humidifier.

  1. Berinteraksi dengan Penderitanya

Virus penyebab radang di tenggorokan sangat mudah untuk menular dari satu orang ke orang lainnya. Oleh karena itu, jika ada keluarga atau teman yang sedang mengalaminya, sebaiknya Anda batasi kontak dengan mereka. Usahakan untuk tidak menggunakan alat makanan yang sama dengan mereka. Selain itu, gunakan masker saat berbicara agar virus tak menular lewat percikan ludah.

Radang tenggorokan tak hanya disebabkan karena infeksi virus semata. Penyakit ini juga bisa disebabkan karena kelalaian dalam menjaga kondisi tenggorokan, seperti sering berteriak atau pun kurang memenuhi kebutuhan cairan tubuh per harinya. Agar bisa terhindar dari penyakit ini, tentu saja Anda harus jaga kesehatan tubuh dan menghindari ragam kebiasaan yang dapat memicunya.

Related posts