Tips Membangun Kolam Renang di Lahan yang Sempit

Tips Membangun Kolam Renang di Lahan yang Sempit

Kolam renang adalah salah satu sarana rekreasi yang sangat diminati oleh banyak orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Oleh karena itu, memiliki kolam renang pribadi di belakang rumah merupakan impian bagi sebagian orang. Keinginan untuk membuat kolam renang kadang terkendala masalah terbatasnya lahan. Terutama, mengingat kebanyakan tipe rumah di kota-kota besar yang saling berdempetan, rasanya sulit untuk membangun kolam renang di rumah sendiri. Akan muncul pertanyaan: “Bisakah saya memiliki kolam renang di halaman rumah saya yang sempit?”

Tentunya Anda bisa memiliki kolam renang di rumah Anda dengan halaman rumah yang tidak terlalu luas. Hal ini disebabkan karena kolam renang yang bagus tidak bisa dilihat dari bentuknya, besar kecilnya kolam tersebut, namun inti yang sangat penting dalam membangun kolam renang adalah desain, bentuk, serta manfaatnya. Jika kolam renang terlihat indah dan berfungsi dengan baik, ukuran kolam bukan masalah yang harus Anda pusingkan. Walaupun kolam renang kecil mungkin akan kehilangan sedikit fiturnya, seperti papan loncat, hal itu tidak masalah karena untuk membuat kolam renang juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan rumah Anda. Untuk anak-anak Anda, seberapa luas kolam renang yang Anda miliki bukan menjadi masalah yang serius karena mereka sudah akan sangat senang bertemu dengan air. Untuk orang dewasa, kursi pantai untuk bersantai sambil berjemur dan minum jus sudah sangat cukup untuk menikmati akhir pekan di musim panas.

Ketika mendesain space yang kecil dengan kolam renang di dalamnya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yaitu estetika dan fungsi kolam renang, serta penyesuaian Anda sendiri.

  1. Pekerjakan kontraktor kolam renang profesional

Tips pertama adalah dengan mempertimbangkan untuk mempekerjakan kontraktor kolam renang yang profesional. Dengan desain kontraktor ini, Anda tidak perlu merasa kesulitan membangun kolam renang di lahan yang sempit. Namun, jika Anda ingin mendesainnya sendiri, tips selanjutnya dapat membantu Anda.

  1. Tepian fiberglass atau tembok biasa

Dalam memilih tepian, Anda memiliki dua pilihan yaitu dengan menggunakan fiberglass atau tembok yang umum digunakan pada kolam renang. Dari segi harga dan cara pemasangan, menggunakan fiberglass memang lebih murah, mudah, dan cepat, tapi menggunakan tembok biasa akan lebih membebaskan Anda untuk mendesain bentuk kolam renang Anda sendiri. Tidak seperti fiberglass yang bentuknya itu-itu saja.

  1. Pastikan proporsi lahan

Pada poin ini, Anda harus memastikan lebarnya kolam renang tidak mendominasi lahan yang tersedia karena hal ini akan berkaitan dengan keproporsionalan halaman belakang yang Anda miliki.

  1. Posisi kolam renang

Pastikan Anda membangun kolam renang tidak melewati batas rumah sebelah Anda dan menempatkan di tempat yang cukup terkena sinar matahari untuk memastikan daerah kolam renang agar terbuka dan cerah.

  1. Jangan terlalu berlebihan dalam mendesain

Kunci untuk berhasil membangun kolam renang di lahan yang sempit adalah dengan tetap membuatnya simpel. Jangan khawatir jika desainnya biasa saja, karena Anda tentunya dapat menambah elemen-elemen menarik dan menyenangkan yang membuat kolam renang Anda terlihat sangat unik. Anda bisa membiarkan pemandangan halaman Anda terlihat, menambahkan pancuran air di dinding, atau jika Anda tidak memiliki lahan lagi, jendela acrylic bisa menjadi pilihan desain yang tepat.

Seperti yang Anda ketahui, banyak hal yang harus diperhatikan, namun jika Anda mendesain dengan sangat baik, dengan keadaan sekitar yang terintegrasi, hal ini dapat meningkatkan kualitas gaya hidup keluarga Anda.

Related posts